kenapa ? ya. karena setiap oang memliki cara berbeda....
pada umumnya, kebanyakan orang menngambar managa dgn urutan :
-kepala
-rambut
-wajah
-body (badan, tangan kaki)
tapi, kita juga tidak bisa menutup mata bahwa ada pula orang menggambar manga dengan urutan :
-rambut
-kepala
-wajah
-body
dan juga,
-body
-kepala
-rambut
-wajah
ataupun,
-wajah
-kepala
-rambut
-body.
mereka sebenarnya, gak ada yg salah. jadi, saya hanya akan memberitahukan cara menggambar manga yg pada umumnya di pakai oleh kebanyakan orang.
ok..
Jika ingin menggambar anime dengan benar, ikuti langkah langkah dibawah ini,...
1.
Buatlah lingkaran dengan satu garis vertikal, dan dua garis horizontal,....
2.
3. Setelah mengikuti langkah ke-2, sekarang msk ke langkah ketiga,Yaitu, menggambar dagu,.....Disarankan Jangan terlalu besar dan jangan terlalu kebawah, yah supaya hasilnya bagus,...ikutilah gambar disamping
4.
Nah,...Hampir selesai tahap sketsa kepala,...Garis yg tertera dibawah alis adalah tempat anda menggambar mata,...matanya bisa anda pilih pada gambar diatas, di awal.nah jika anda sudah menggambar mata anda sesuka hati anda,...dan rambut juga digambar,..setelah dua-dua itu kamu turuti,..hasilnya akan seperti dibawah ini,...
Setelah pelajaran sketsa wajah selesai, kita akan belajar sketsa badan, nah ini yg kutunggu-tunggu, yup, yuk kita pelajari menggambar sketsa TUBUH,..!!
Nah,..kalo tubuh bisa liat tahap-tahap dibawah ini,....
Kalian juga bisa belajar menambah expresi karya kalian denga tangan dibawah ini
Sekarang kita menggambar tangan,.....Ikuti langkah dibawah ini
1.Pertama gambar lingkaran lingkaran seperti gambar dibawah ini . Letakan titik bulat didalam lingkaran oval tersebut. Kemudian titik ini akan berguna untuk memudahkan menggambar dalam menentukan pusat dari jari-jari yang nanti akan kita digambar.
2.kedua gambar 5 buah garis lurus dengan berpusat pada titik pusat yang akan menjadi jari-jari, dimana garis terpanjang adalah garis untuk jari tengah. Gambar lingkaran oval diatas lingkaran oval pertama.
Dan hasilnya akan seperti gambar diatas,...
3. ketiga gambar 4 garis busur yang melewati ke empat garis yang panjangnya hampir sama kecuali bagian jempol. Garis busur paling luar untuk menentukan batas panjang dari jari. Lalu berikan titik titik untuk menentukan buku-buku dari jari.
4.Keempat Mulailah menggambar sketsa tangan dengan berpatokan pada garis garis bantu yang telah dibat sebelumnya dan juga menggunakan inspirasi kita agar gambar tidak terlalu buruk.
5.Kelima dari gambar disamping dapat dilihat bahwa ibu jari ditekuk ke dalam. Pergerakan Jempol dan perubahan bentuk yang terjadi pada pangkal jempol. Agar gambar terlihat lebih alami maka tentukan dahulu titik pusat rotasi pada pangkal ibu jari. Kemudian buatlah lingkaran dengan radius yang digunakan adalah ibu jari (jempol).
6. Keenam gambar tangan disamping dapat dimodifikasi dengan merubah posisi jari-jari tersebut menjadi saling merapat menggunakan bayanagan, sehingga panjang jari telujuk dan jari manis terlihat sama tingginya.
Atau apa sajalah terserah kalian,...expresikan imajinasimu,..seperti apapun gaya karyamu,...pastilah bagus,..makanya mencobalah,...
.
.:MENGGAMBAR TEKUKAN BAJU:.
Tingkat-1
Kita akan belajar menggambar lipatan baju yg tertekuk saat berjalan / duduk dll saat beraktifitas....
Oke langsung aja ke tema pembelajaran
Hal paling penting untuk dipertimbangkan saat Anda menggambar pakaian atau jenis kain arah kain akan ditarik masuk Folds disebabkan dimanapun kain sedang diregangkan atau ditarik; mencari tahu bagaimana tepatnya Anda ingin kain untuk memindahkan , dan sisanya cukup mudah. Selalu ingat untuk mempertimbangkan angka di bawah pakaian, kain harus mengungkapkan bentuk angka di bawahnya. Aku akan pergi ke detail lebih lanjut tentang ini nanti.
Di sebelah kiri adalah beberapa contoh jenis dasar lipatan. Perhatikan pergerakan setiap contoh di; kain mengalir ke bawah di atas kiri dua, karena mereka ditarik ke bawah oleh gravitasi. Jenis lipat akan pada sesuatu yang menggantung longgar, seperti jubah atau baju panjang. Pada contoh di bawah kanan kiri dan atas, kain tidak hanya ditarik oleh gravitasi, tapi membentang ke kiri (mungkin oleh lengan yang bawah pakaian). Lipatan menjadi lebih horizontal daripada vertikal makin jauh membentang. Juga perhatikan bagaimana terkadang lipatan bersarang dalam satu sama lain. Hal ini sering akan terjadi pada sendi atau daerah di mana pakaian longgar adalah berkumpul up. Gambar Atas kanan contoh yang sedikit
lebih kompleks dari sepotong kain yang lebih inert ditarik dalam viarety arah
Perhatikan bagaimana lipatan mengikuti arah kain ditarik masuk
Berikut adalah beberapa contoh bentuk lipatan dasar. Di sebelah kiri, kain ditarik ke bawah oleh gravitasi dan ke kanan oleh angin atau gerakan. Salah satu kiri, strip panjang kain berkumpul di dekat bagian atas. Ingatlah untuk menggunakan shading untuk memberikan bentuk yang lebih subjek Anda. Umumnya, Anda naungan sepanjang garis lipatan, atau pada tempat-tempat yang menurut Anda bayangan akan cor. Hal ini memerlukan beberapa membiasakan diri. Ini membantu untuk melihat lipatan aktual kadang-kadang untuk melihat mana untuk naungan. Kadang-kadang, aku akan sketsa tirai atau handuk tergantung di kursi hanya untuk berlatih dan mendapatkan merasa lebih baik tentang bagaimana pakaian yang berbayang.
Berikut adalah beberapa contoh yang lebih acak dari unsure dan beberapa lengan
Yang paling penting untuk dicatat di sini adalah bentuk lipatan pada sendi dari lengan di tengah.
Ini adalah beberapa lebih kompleks, tumpang tindih dan lipatan bersarang. Lebih detil anda menaruh ke dalamnya lipatan, semakin menarik akan terlihat. Di sebelah kiri, perhatikan bagaimana kain tandan di tempat itu diikat bersama-sama, berat kain menarik ke bawah dan menyebabkan kusut tambahan dan lipatan untuk membentuk di mana ia berkumpul bersama. Dasi itu sendiri yang diambil dengan banyak detail, dan kain di bawahnya longgar bertiup angin. Kain adalah berbayang di sekitar lipatan dan di ceruk-es yang dibentuk oleh kain. Pada gambar di sebelah kanan, panjang kain disampirkan di atas lantai; perhatikan bagaimana lipatan sarang di satu sama lain dan tumpang tindih, menciptakan efek yang menarik.
Hal lain yang saya ingin tunjukkan adalah ketebalan kain dalam pertanyaan. Kain di contoh disamping muncul tipis dari kain dalam contoh yang lebih rendah. Perhatikan kedua kerah. Disamping, tepi melingkar kerah terhubung langsung ke seluruh kerah, sementara di bawah, ada ruang antara pelek melingkar dan bagian vertikal. Hal yang sama berlaku dengan tepi jubah itu. Sedangkan pada contoh di atas, tepi yang renyah dan tipis, pada contoh bawah ada ruang ekstra antara pelek dan seluruh jubah itu. Ruang ekstra membuat pakaian terlihat lebih tebal dan berat.
ACTION KOMIK
oh iya, ada pemesan dari pembaca, banyak yg menggambar manga tapi blom menambahkan actionnya
ndak usah banyak omong, aq ksh materinya
gampangkan ?
sekarang coba anda praktekkan.
sekarang coba anda praktekkan.
oh iya, pada awal pembuatan usahakan jangan menindis pensil terlalu keras, itu bertujuan agar mudah di hapus. dan pada proses finishing-nya, usahakan agar tidak terlihat abstrak dan terlihat rapih.
0 komentar:
Posting Komentar